YAYASAN PADMA SIWA BUANA BALI

                    YAYASAN PADMA SIWA BUANA  BALI 

Kuta News; Rabu; 21 Oktober 2015

           YAYASAN PADMA SIWA BUANA menyelenggarakan TIRTAYATRA pada hari sabtu; 24 Oktober 2015 , menuju Pura Menjangan dan Pura Melanting terkait dengan Pujawali Pura Melanting Pasar Kuta II, Jl. Kendedes Kuta.

     Pembina Yayasan Padma Siwa Buana, memandang perlu dan berk ewajiban kita sebagai Umat Hindu melakukan perjalan suci ini, apalagi kita semua berkecimpung dalam kegiatan “Berdagang” tidak terlepas dengan pengayatan pada Dewa yang berstana di Pura Melanting sebagai manifestasi beliau sebagai Dewa yang berstana di Pura Penggulun Pasar, yang lumrah disebut Pura Melanting.

    Kebiasaan para pedagang pasar Kuta 2 setiap memjelang piodalan “Nunas Pakuluh/Tirta” Pura Melanting yang berada di kawasan Kabupaten Buleleng barat. Sehingga pada piodalan ini akan ikut tangkil ke Pura Melanting dan Pura Menjangan +/- 70 Orang, terdiri dari pedagang pasar kuta 1, pedagang pasar kuta 2 dan anggota Yayasan Padma Siwa Buana, yang kebetulan personnel pengurus Yayasan Padma Siwa Buana termasuk anggota Pedagang di Pasar Kuta 1 maupun Pasar Kuta 2, sehingga ketiga sektor bisa menyatu dalam hal melakukan kegiatan Tirtayatra kali ini.

      Menurut Jro Pemangku Pura Melanting Pasar Kuta 2  AA Salit Rai Karnata, Semenjak adanya Pura Melanting Pasar Kuta 2 di Lokasi ini, beliau mengharapkan setiap Pujawali ( Piodalan) nunas pekuluh (Tirta ) ke Pura Melanting (Buleleng). dengan harapan beliau bisa ” NOdiya” setiap piodala di pura Melanting ini, dengan ciri khas piodalan semua tikus, kucing dll tidak pernah datang untuk merusak Bebanten yang akan dihaturkan, begitu juga dengan para pedagang saling bahu membahu menghadapkan /nangkilin daksina linggih yang ada di setiap plangkiran tempat mereka berjualan.

         Selain itu, Pura Melanting pasar Kuta 2 sangat Olas asih pada para penyungsungnya yang mau dengan ikhlas “ngaturin ayah utawi Mepunia “.

        Pada saat piodalan akan dipuput Oleh Ida Pedanda Istri Praba Griya Telabah Kuta , Purnama Kalima yang jatuh pada hari Selasa, 27 Oktober 2015.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.

*