LIPSUS

DESA ADAT KUTA GATURAN BANTEN SESAYUT PENEBUSAN GERING DI PURA DALEM

Wayan Wasista – Bendesa Adat Kuta Ngaturan banten penebusan Gering di Pura Dalem
Sabtu 13 Juni 2020, Jam 17:15 Wita.

www.kutatv.com – Sabtu 13 Juni 2020

Bertepatan dengan hari Tumpek wayang Sabtu 13 Juni 2020,pukul 17:15 Wita, Desa Adat Kuta melaksanakan upacara ” matur piuning dan ngaturan banten sesayut penebusan gering ” sesuai dengan himbauan dari PHDI provinsi berkenan dengan Wabah Virus corona yang yang berkepanjangan terjadi terjadi di Bali Khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Menurut Jro Pemangku Wayan Durna, Pemangku Gede Pura Dalem Desa Adat Kuta, Upacara ini merupakan yang pertama kali di Desa Adat Kuta selama 35 tahun beliau ngayah di Pura Dalem. Jro mangku Gede mengharapkan dengan dilakukan upacara penebusan gering, ngaturan sesayut pageh urip, sesayut lara melaradan serta rentetannya, wabah yang sekarang tidak ada obatnya ini, bisa cepat sirna dimuka bumi , berkat doa doa dan kuasa Hyang Widi/ Ida Betara yang berstana di Pura Dalem.

Menurut Jro Bendesa Adat Kuta Wayan Wasista, Upacara ini memang pertama kali di Desa Adat Kuta, lain hal nya dengan upacara Nangluk merana dan pecaruan kesanga yang setiap tahun dilakukan sesuai dengan perhitungan kalender bali. Pada pelaksanaan upacara tersebut hadir Jro Bendesa, Prajuru Desa, Pemangku dan serati banten. Upacara ini hanya dilakukan pada parahyangan Desa saja, untuk masyarakat desa adat Kuta cukup dengan matur uning lan menghaturkan sesajen seiklasnya, karena trdahulu sudah pernah menghaturkan “Pejati ” unyuk memohon kepada Ida Sanghyang Widhi dari rumah masing – masing, agar wabah ini cepat sirna, sehingga dapat melakukan aktifitas seperti biasa.

Rep. A.R.K

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *